Thursday, November 22, 2007

http://www.rakyatmerdeka.co.id/edisicetak/?pilih=lihat&id=44072
Rakyat Merdeka, Senin, 20 Agustus 2007, 02:44:42

Mahasiswa ITB Meriahkan Tujuh Belasan Di Hongaria

Diiringi Gamelan Sunda Dan Tarian Daerah

HARI Proklamasi Kemerdekaan RI tidak hanya dirayakan di tanah air. Hari jadi RI yang ke-62 itu, juga diperingati oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri, antara lain di Budapest, Hongaria. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Budapest bersama masyarakat Indonesia yang tinggal di Magyar (sebutan lain buat Hongaria), ikut memperingati dan merayakan hari bersejarah ini.

Koresponden Rakyat Merdeka di Belanda yang sedang berkunjung ke Hongaria, A. Supardi Adiwidjaya, melaporkan, cuaca kota Budapest pada Jumat 17 Agustus lalu, sungguh cerah. Suhu udara terasa panas. Sekitar 200 orang yang terdiri dari masyarakat Indonesia dan para tamu undangan, wakil negara sahabat, hadir di acara peringatan HUT RI ke-62.

Acara tujuh belasan di Eropa Timur itu, dimeriahkan oleh penampilan kesenian masyarakat Indonesia di Hongaria. Hajatan besar ini semakin meriah karena mahasiswa-mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) mempersembahkan sandra tari dengan gamelan Sunda. Beberapa tarian tradisional Sunda dan tari Saman Aceh versi mahasiswa ITB itu, mendapat sambutan yang hangat dan tepuk tangan yang antusias dari para hadirin.

“Mahasiswa-mahasiswa ITB ini ada di tengah-tengah kita, karena mereka sedang berlaga di sebuah kompetisi kesenian di Hongaria. Hari ini mereka kita undang bersama kita merayakan Hari Kemerdekaan kita,” ujar Dubes RI untuk Hongaria merangkap Kroasia, Bosnia-Herzegovina dan Macedonia Mangasi Sihombing kepada Rakyat Merdeka.

Dalam sambutannya, Dubes Sihombing mengatakan, hubungan Indonesia dengan Hongaria, Kroasia, Bosnia-Herzegovina dan Macedonia, sangat baik dan telah diakreditasi.

“Karena dukungan semua pihak, Indonesia telah berhasil menjalin hubungan baik dengan empat negara tersebut. Hubungan serta kerja sama yang baik dengan negara-negara sahabat ini perlu terus ditingkatkan dalam segala bidang kehidupan kedua belah pihak,” ujar Dubes Sihombing.

Menurut Sihombing, hubungan baik ini ditandai dengan kerja sama di bidang politik, seperti pertukaran dukungan di forum internasional. Demikian juga kerja sama di bidang ekonomi. “Kita terus mengupayakan peningkatan ekspor komoditi Indonesia. Kita promosikan produk-produk komoditi unggulan, supaya bisa menembus pasar Hongaria dan negara-negara lainnya,” katanya.

Di bidang sosial budaya, lanjut Sihombing, kita menyaksikan terus arus timbal balik delegasi-delegasi kebudayaan Indonesia dan Hongaria. rm

0 Comments:

Post a Comment

<< Home