Thursday, November 22, 2007

Gelar Pertemuan Bilateral RI-Hongaria Makin Lengket

http://www.rakyatmerdeka.co.id/edisicetak/?pilih=lihat&id=47275
Rakyat Merdeka, Minggu, 07 Oktober 2007, 01:48:56

Gelar Pertemuan Bilateral RI-Hongaria Makin Lengket

HUBUNGAN diplomatik Indonesia dengan Hongaria, berjalan baik dan terjalin semakin erat saja. Untuk lebih meningkatkan hubungan kedua negara, pada 26 September lalu digelar pertemuan bilateral antara Indonesia dan Hongaria di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Hongaria di ibukota Budapest.

Pertemuan itu, menurut koresponden Rakyat Merdeka A. Supardi Adiwidjaya, didahului dengan jamuan informal di Wisma Duta yang dihadiri sejumlah petinggi pemerintah Hongaria seperti State Secretary Kementerian Ekonomi dan Transport, State Secretary pada kantor Perdana Menteri, bekas Menteri Lingkungan Hidup dan juga tokoh media dan bisnis yang menunjukkan apresiasi tinggi pihak Hongaria terhadap delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Amerop Deplu.

Sekretaris III KBRI di Budapest Ingan Malem menjelaskan, kepada delegasi Indonesia yang diketuai Dirjen Amerop, Dubes RI untuk Hongaria Mangasi Sihombing, Dubes Eddi Hariyadhi, Senior State Secretary Martha Feksi Horvath, menggaris bawahi pentingnya hubungan bilateral RI-Hongaria yang tercermin dari saling kunjung petinggi pemerintah dan parlemen kedua negara.

“Kedua pihak mengharapkan hubungan baik kedua negara dapat ditingkatkan dengan kegiatan-kegiatan nyata,” jelas Malem. Dalam pertemuan terpisah dengan Menteri Keuangan Janos Veres, lanjut Malem, delegasi Indonesia bertukar pikiran untuk lebih memuluskan pelaksanaan hubungan kedua negara.

“Dalam pembicaraan intensif di Kemlu Hongaria, kedua delegasi juga membahas berbagai substansi bilateral seperti kunjungan kepala negara, kerja sama ilmu pengetahuan, prospek bebas visa dalam rangka peningkatan turisme dan kerja sama kota kembar (sister city),” katanya.

Di samping itu, tambah Malam, dilakukan pembahasan mengenai berbagai isu internasional, antara lain climate change (perubahan iklim), perkembangan di Eropa Tengah dan Timur, kerja sama-kerja sama regional seperti ASEAN, ASEAN dan Eropa Tengah, Balkan dan Uni Eropa. rm

0 Comments:

Post a Comment

<< Home