Friday, February 16, 2007

Maxime Verhagen, Menlu Baru Belanda

http://www.rakyatmerdeka.co.id/edisicetak/?pilih=lihat&id=32454
Rakyat Merdeka, Kamis, 15 Februari 2007, 01:02:36

Maxime Verhagen, Menlu Baru Belanda

SENIN (12/2) lalu, Partai Kristen Demokrat (CDA – Christen-Democratisch Appel), Partai Buruh Belanda (PvDA ––Partij van de Arbeid) dan Partai Uni Kristen (ChristenUnie) sepakat dengan pembagian kursi-kursi (jabatan) menteri dalam kabinet yang segera akan terbentuk.

CDA mendapat delapan jabatan menteri: Urusan Umum (Algemene Zaken), Sosial, Ekonomi, Kesehatan rakyat, Kesejahteraan dan olahraga, Luar Negeri, Hukum (Justitie), Urusan Lalu-lintas, perairan dan pertanian. PvDA memperoleh enam jabatan menteri: Keuangan, Dalam Negeri, Pendidikan, Integrasi, Perbaikan lingkungan (Wijkverbetering), Kerjasama pembangunan. Sedang Christen Unie menerima dua jabatan menteri: Pertahanan dan Urusan Pemuda dan Keluarga.

Selanjutnya, CDA memperoleh empat Sekretaris Negara untuk: Urusan Dalam Negeri, Pendidikan, Keuangan dan Pertahanan. PvDA menerima enam Sekretaris Negara: Urusan Eropa, Sosial, Justisi, Kesehatan Rakyat, Kesejahteraan dan Olah Raga, Pendidikan dan Ekonomi. Sedang Christen Unie mendapat satu kursi, Sekretaris Negara: Lalu Lintas dan Perairan.

Ketua Fraksi Maxime Verhagen (CDA), Wouter Bos (PvDA) dan Andre Rouvoet (ChristenUnie) menyatakan kesepakatan mereka tentang pembagian jabatan menteri tersebut di atas dalam pembicaraan pada Senin (12/2) dengan Formatur Jan Peter Balkenende. Memberikan penilaian pembicaraan tersebut, Maxime Verhagen mengatakan, hubungan mereka “selaras sampai dengan pembagian yang seimbang”. Rouvoet kelihatan “sangat puas”. Demikian juga Wouter Bos terlihat puas.

Siapa-siapa yang akan duduk dalam Kabinet Balkende IV masih banyak yang belum jelas. Namun orang yang tahu dalam politik Den Haag memperhitungkan kemungkinan menteri-menteri sebagai berikut: Peter J.Balkenende (Urusan Umum), Bos (Keuangan), Rouvoet (Pemuda dan Keluarga). Mantan Menteri Kehakiman Piet Hein Donner (Urusan Sosial), Maxime Verhagen (Luar Negeri), pejabat pembantu walikota Amsterdam Ahmed Aboutaleb (Pendidikan), mantan pemimpin buruh Ella Vogelaar (Integrasi dan Perbaikan Lingkungan), Ernst Hirsch Ballin (tetap sebagai Menteri kehakiman), eks Walikota Nijmegen Guusje ter Horst (Menteri Dalam Negeri), Guru Besar manajemen lingkungan Jacqueline Cramer (Urusan Lingkungan Hidup), anggota-anggota parlemen Bert Koenders atau Sharon Dij­ksma (Kerjasama Pembangunan), anggota parlemen Eropa Camiel Eurlings (Lalu-lintas dan Perairan) dan anggota parlemen Gerda Verburg (Pertanian).

RM ANP/A. Supardi Adiwidjaya dari Belanda

0 Comments:

Post a Comment

<< Home